Tuesday 27 December 2016

Penggunaan Obat Cacing Drontal Cat

Salam meong!!

Tahukah sahabat meong, salah satu masalah yang sering dihadapi kucing kesayangan kita adalah cacingan. Yap benar sekali. Bukan cuma manusia saja yang bisa cacingan, tetapi kucing juga.

Seperti halnya pada manusia, cacingan pada kucing juga bisa diobati atau dicegah. Salah satu obat yang bisa digunakan adalah Drontal cat dari Bayer.
gambar diambil dari http://www.calico.co.id/image/cache/data/Drontal/drontal%20cat-500x500.jpg 
Drontal cat termasuk obat cacing yang bisa menghalau hampir semua jenis cacing parasit pada tubuh kucing, termasuk cacing gelang, cacing tambang, dan cacing pita. Namun obat cacing ini tidak bisa menghalau cacing paru-paru. Komposisinya adalah 20mg praziquantel, 80mg pyrantel.

Harga Drontal cat bervariasi tergantung petshopnya, tapi berkisar pada Rp20.000 per tabletnya (tahun 2016). Saya pernah beli Rp15rb, 16rb, 17rb, pernah juga 22rb. Relatif murah kan ya?

Cara penggunaannya adalah dengan diminumkan (oral) kepada kucing kesayangan.  Jika anda merasa takut atau kesulitan mencekokkan tabletnya ke kucing anda, anda bisa pakai alat pelontar pil. Kalau saya sih pakai tangan aja. Hehehe..

Bagaimana dengan dosisnya? Dalam kemasannya, tertulis 1tablet/4kg berat badan kucing. Setelah saya cari informasi lebih lanjut, dari sini saya temukan rincian dosisnya sebagai berikut:
Kucing dengan berat badan (bb) 0-2kg, 1/2 tablet
Kucing dengan bb 2,1-4kg, 1 tablet
Kucing dengan bb 4,1-6kg, 1,5 tablet
Kucing dengan bb 6,1-8kg, 2 tablet
Kucing dengan bb >8kg, 1 tablet per 4kg. Contohnya jika bobotnya 12kg, maka yang diberikan adalah 3 tablet Drontal cat.

Jika bisa, Drontal cat diberikan pada kucing dalam keadaan perut kosong. Pengobatan dilakukan setiap 3 bulan sekali atau sesuai yang disarankan oleh dokter hewan.

Peringatan!
Drontal cat tidak disarankan untuk digunakan pada kucing hamil dan kitten dengan usia dibawah 6 minggu.
Terkadang efek samping muncul (sangat jarang sekali) berupa muntah, diare, hilang nafsu makan, dll.


53 comments:

  1. Obat cacing bentuk dan sediaan apapun sebaiknya diberikan pd kondisi kucing tdk ada gangguan saluran pencernakan, spt diare dan muntah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Drh. Didik

      Delete
    2. Dokter saya kmrn malah justru kasiy kitten saya drontal... pas diare. Krn diarenya disinyalir krn cacing an

      Delete
    3. Terus efeknya kayak gmn mba? Kucingku sama kasusnya

      Delete
    4. Kucingku baru hamil😭jadi tadi pagi dia buang air besar terus banyak cacing gitu aku syok langsung pergi beli drontal langung kasih terus baru tau kalau ga boleh buat kucing hamil,😭

      Delete
    5. Lalu gimana ka keadaan kucingnya,keguguran kah?

      Delete
    6. Kucingku disarankan dokter nya untuk dikasih drontal cat aja padahal lagi diare, dan masih kitten juga. Gmn ya

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Duh saya malah kasih sesudah makan..gak lama malah muntah.. Kira2 aman gak tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga sesudah makan dan ga lama muntah .

      Delete
    2. Saya justru kasiy nya ditumbuh dan saya campur wetfoodnya. Disarankan ga ya sbnrnya?

      Delete
  4. Belinya kira kira di mana yaa..

    ReplyDelete
  5. kucing saya kemarin diksh obat drontal sekarang malah gak nafsu makan trus kaya lemes gitu tp gak muntah itu kira kira kenapa ya ,takut kenapa napa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kucing saya juga gt abis dikasih drontal trus ga nafsu makan.. sama tdr terus kaya lemes .. kenapa ya

      Delete
    2. Aargghh sama kucing ku juga begitu:(
      Jadi takut dehh

      Delete
    3. Iyaa ini gmn yaa ? Kucing saya baru dikasih terus muntah dan ga nafsu makan. Apakah aman ?

      Delete
  6. Kuicing saya cacingan dan saya kasih drontal efek nya lemas,kaki nya kaya berat(susah utk berdiri),apa ini hal yang wajar(efek samping) atau keracunan,mohon yg tahu minta info nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, gimana keadaan kucingnya skrg ? Semalam saya kasih kucing sya drontal. Pagi tadi masih mau makan tp dikit. Siang sampe skrg lemes gag mau makan. Gimana nih ya solusinya. Saya jd takut

      Delete
    2. Efek pemberian drontal emg bisa bikin nafsu mkn hilang dan diare ..

      Delete
  7. Tolong dong saya kelebihan kasik dosis obat drontal cacing kucing saya .epeknya gimna ya..bahaya gak ya..

    ReplyDelete
  8. drontal bisa di berikan selang seminggu ga ya? kitten saya umur 4-5bulanan, udah di kasih 1/2 x 2 drontal, tapi masih cacingan. bulunya kusam

    ReplyDelete
  9. seminggu yang lalu kucing saya umur 3 bulan di kasih drontal cat sesuai dosis sebelumnya saya liat di anusnya ada yang nempel kaya nasi pas saya ambil bergerak. seminggu kemudian babnya keluar cacing bening panjang panjang terus ada segumpal kecil, kecil bgt darah, saya disaranin untuk kasih drontal cat lagi biar cacingnya bersih, tapi saya gak kasih karena efeknya bikin saya takut dia gak nafsu makan terus lemes bgt, sampai saya peluk terus karena takut mati. tindakan saya untuk tidak memberikan drontal cat lagi benar atau tidak dok? sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih lagi, itu kena cacing pita soalnya, emg agak susah klo keinfeksi cacing pita

      Delete
    2. kucingq blm 4bln.matanya byk tai nya gtu kaya b jamur..lemas.macam bersin.btuk kaya mo muntah gk kluar2 tp.trus pup nya.ada cacing gelang x tu gah..bsa bdiri2 gtu cacingy..sayang kalau mati lagi..kira2 dosis nya sper empat aja x yah obat nya..truz gk masalah kah kalau kucingy gk mo makn nenen induk nya jg gk mau.

      Delete
    3. Drontal nya d kasih lagi ga??kucingku jg sama d kasih drontal ga nafsu makan dan diare..seminggu diare nya ada cacingnya dan kemarin keluar cacing nya panjang bgt..apa harus d kasih drontal lagi supaya pada mati cacing nya

      Delete
    4. Kucingku juga banyak cacingnya mau saya kasih Drontal tapi takut hamil karena habis kawin..kira2 boleh ga ya saya kasih obat cacingnya..kasihan

      Delete
  10. Yaah aku jadi takut mau kasih drontal ke kucing aku 😂

    ReplyDelete
  11. dok, aku udah kasih drontal cat. ngga lama kemudian cacing nya keluar. itu gimana ya sehat atau tambah parah

    ReplyDelete
  12. Klw efeknya lemes dan mual seperti jadi saya takut untuk ngasih obat sama kucing saya,padahal kemaren cemas banget karena muntah nya ada cacingnya trs saya beliin obat dan sampe sekarang belum di inumin sama kucing. Takut nya ntar diksh obat kucing saya lemes dan gk nafsu makan ... gimana dok.... terjadi hal seperti itu baik buruknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Y harus dikasih lagi lah. Kalo engga nanti cacinyabtambah byk. Kan udah tau ada cacinya kok mlah g dikasih obat cacing....

      Delete
  13. Kucing saya 3 bulan saya kasih drontal kecil bgt dosis nya, trs seminggu setelahnya kucing saya demam saya bw ke vet d kasih vitamin untuk daya tahan tubuh. Trs ga lama kucing muntah lemes badannya, sy bawa vet lgi di infus rawat inap 2 hari. Baru hari ini mati ����. Apa karna saya kasih drontal ya sedih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucingku juga begitu umurnya udah 9 bulan, dikasih drontal 1/2 tablet sabtu, hari rabu jadi muntah, besoknya lemes sempoyongan, hari minggunya mati. Aku takutnya gara2 drontal, tapi kata yang adopsinya gara2 berantem sama kucing lain. Aku ga bisa awasin karena kucingnya diadopsi sama orang baru 2 minggu mati. Sebelumnya kalau cacingan pakai combantrin udah 2 kali aman. Kalau pakai drontal reaksinya kenapa bikin mati, bukannya mencegah supaya tidak cacingan malah bikin mati ������

      Delete
  14. Halo kak, kucing saya pernah keinfeksi cacing pita, udh saya kasih drontal 2 kali dalam 2 bln, hari ini jadwal kasih ulang drontalnya, trs yg kucing satunya jg ketularan, udh 2 kali kukasih drontal dlm waktu 2 bln juga, cm yg sblmnya tak kasih albenworm 2 kali dan dua kali pula cacingnya masih keluar, stlh dikasih drontal udh ga keluar lg. Tp di feses gaada cacing panjang yg keluar, apkh memang begitu cara kerjanya? Apkh drontal menghancurkan tubuh cacing sehingga pas keluar ga terlihat lagi, atau cacingnya masih ada di dalam ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah yang terlihat setelah minum obat cacing

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. halo kak izin tanya, saya ambil kucing kampung, lalu saya bawa pulang dan diberikan obat cacing. lalu saya baru sadar ternyata kucingnya seperti sedang hamil. bagaimana ya kak? apa tidak apa apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudahan gpp.
      Sebaik ny klw hamil jgn d ksh obat apa pun

      Delete
  17. Yg mnum drontal tp msh cacingan, mgkn drontal yg d beli palsu.
    Sy jg pengalaman beli drontal d toko online tp palsu.
    Trs sy beli d petshop alhamdulillah sembuh cacing ny mati klwr dr feses sdh hancur.
    Saran sy beli d pet shop yg recommended

    ReplyDelete
  18. halo kak,, saya kemaren uda bemberikan kucing saya drontap,, la pas udah 3 hari saya berikan kucing saya sehari sering bgt muntah cairan kuning,, apakah ini evek drontal atau keracunan,, mohon infonya sesama cat lovers.. trimakasih

    ReplyDelete
  19. Kak anak kucingku diare katanya d sinyalir cacingab..trus kubelikan drontal cat itu, umurnya sekitar 3/4 bulan an BB nya kurang dr 2kg..drontalnya aku minumin 1/2 tp sampe skrg ttp aja diare mana sambil jalan pup nya keluar sendiri(cair) :(..tp kok kebanyakan review nya pd lemas, ga nafsu makan dkk tp kucingku malah kebalikannya gmn dong?? Sebenarnya obatnya mempan ga sih d kucingku??

    ReplyDelete
  20. Pemberian drontal yang benar sbulan sekali atau per 3 bulan kak

    ReplyDelete
  21. Kucing saya perut nya sudah besar tapi laki2 takut cacingan saya kasih drontal katanya efek sampingnya lemas, muntah sama diare tapi anaknya tidak muntah sama dia nya malah tidak BAB sama sekali waktu habis kasih obatnya kenapa ya?? Saya takut dia kenapa2 solanya peeutnya terus besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. hai kak. skrg gmn keadaannya ya? kucingku juga abis dikasih drontal cat tadi pagi dan sampe sekarang malem belum bab juga dan tidak muntah. tp masih makan dan main. tp perutnya kembung. kucing kaka gmn sekarang?

      Delete
    3. Kucing ku habis di ksh drontal trus muntah dan bab nya mencret2 trus lemes jg dan gak nafsu makan, tp tdnya perut kucing aq gendut n buncit skrg udah 2hari kempes...
      Skrg lagi aq ksh makan recovery royal canin dan di makan cuma harus di suapin gitu dan gak mau makan banyak2...

      Delete
    4. Sama nih, semalem dikasih drontal jd gamau makan. Tapi pukul 4 pagi dia makan banyak, dan perutnya masih buncit. Nggak ada gejala muntah atau bab. Jadi bingung, ini cacing drmn bakal keluarnya :(

      Delete
  22. hai kak. skrg gmn keadaannya ya? kucingku juga abis dikasih drontal cat tadi pagi dan sampe sekarang malem belum bab juga dan tidak muntah. tp masih makan dan main. tp perutnya kembung. kucing kaka gmn sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaaa halooo gmn kabar kucingnya, ini aku bgt skg kak. Kucingku muntah trs abis dikasih drontal cat. Kaka gmna kemarin ngatasin keluhan kucingnya ini? Trimakasih

      Delete
  23. Kucing ku 2kali sudah muntah2 dan Bab 😭 mau kasi drontal tapi takut aja gitu soalnya umurnya masih 2 bulan mungkin

    ReplyDelete
  24. Hai kak. Kucingku umur 5 bulan, kemarin pup ada cacing pita nya. Aku kasih drontal, terus pas dia pup masih ada cacingnya hidup, sampai akhirnya 3 minggu kemudian aku ulangi kasih drontal lagi, dan udah 3 hari setelah pemberian dia malah lemes gk mau makan, dan tidak bab. tapi tidak diare ataupun muntah

    ReplyDelete
  25. Kak, aku punya kucing 1 dewasa yang udh fiks cacingan, bb 3kg, tapi dikasi tabletnya berapa kali perminggu/perbulan? Saya liat katanya yg 3 bulan sekali itu hanya tindakan pencegahan…. Kucing saya udh BAB cacing gelang trus kak, kemaren saya udh kasi drontal 1 tablet jd sy masi bingung dikasi drontalnya kapan lagi

    ReplyDelete
  26. Kok jadi takut mau ngasih obat cacingny. Skitar 5hr lalu kucingq aq kasih obat cacing krn dy perutny gede, trs lesu gak mau mainan tp makanny lumayan lahap. Aq ksh obat cacing yg ad dipetshop sini tp g mempan. Akhirny aq beliin drontal. Smpe skrg blm aq minumin msh cari2 tau gmn dosisny, krn blm lma aq ksih obat cacing, trs bbny cm 500-550gr. Dan umurny dibawah 3 bulan. Gmn y solusinya?

    ReplyDelete
  27. Gimana ya kucing saya cacingan trus sudah dikasih drontal tapi cacingnya masih ada...apa harus dikasih lagi?

    ReplyDelete