Monday 12 March 2018

Pengalman Kucing Prolaps

Halo puslovers. Namira,kucing  saya, pernah kena prolapsus ani lho..  jadi dari  anusnya keluar semacam uses begitu. Kejadian ini sebonertya sudah tahun 2017 yang lalu dan saya hampir aja lupa kalo gak buka2 fb page nya namira and libby the cats. Mumpung ingat, saya bagi pengalaman ini ya. Semoga membantu orang2 yang sedang kebingungan karena kucingnya prolaps.
Oiya karena kejadiannya sudah lumayan lama dan saya agak males nulisnya, langsung saya kopi dari fb post aja ya..

Namira mulai prolaps beberapa minggu yang lalu. Mak langsung WA drh dan diberi instruksi untuk memasukkan kembali anusnya pakai baby oil dan kresek secara manual. Berhasil, tapi tidak lama karena beberapa hari kemudian anusnya keluar lagi.

Sampai akhirnya mak janjian ke drh untuk ambil tindakan, lakok ternyata prolapsnya sudah masuk sendiri. Mak gakjadi ke drh untuk obatin namira.. Sejak saat itu prolaps namira kambuhan. Kadang keluar tapi lekas masuk kembali. Mak sampe ga tega sendiri lihatnya.
Beberapa hari yang lalu tiba2 anusnya keluar lagi. Tapi kali ini berbeda dari biasanya, agak bengkak. Mak tunggu sampai 3 hari tetapi tidak mengecil apalagi masuk sendiri.. Akhirnya mak hubungi drh puskeswan langganan emak sambil kirim foto anus ke drh. Namira disuruh puasa 8jam,dan besok langsung dibawa ke puskeswan.

Di puskeswan namira ditimbang, suntik bberapa kali, dan diapun teler. Operasi dilakukan dengan emak nungguin. Gak tega rasanya. Tapi emak lumayan terhibur dengan wajah mlongo namira waktu terbius.

Operasi penjahitan anuspun selesai dan namira belum bangun. Namira harus istirahat kandang minimal seminggu, makan makanan yang gak bikin terlalu mengejan waktu eok.

Berapa biaya yang dikeluarkan?
"ganti obat biusnya aja ya soalnya obat bius agak mahal. 70.000"
Kata dokternya.
"Ya Alloh doooookk.."
Luntur sudah ketakutan emak yang mengira operasi ini akan memakan biaya berjuta2. Bukan apa2, emak baru di phk dan tabungan sudah ndak ada. Pantaslah bu dokter untuk diberi lobih karena emak tau di lain tempat pasti tindakan seperti ini mahal tarifnya.

Semoga cepat sembuh ya namira..

No comments:

Post a Comment