Thursday 12 May 2016

Dokter Hewan Judes di Malang

Halo puslovers! Alhamdulillah akhirnya keturutan bisa bikin blog yang isinya khusus membahas tentang kucing. Sebelumnya, saya campurin tuh antara kucing, kerjaan, pengalaman pribadi, dan segala macem hal lain di blog saya yang ini. Ternyata para pembaca antusias sama informasi mengenai kucing, jadi saya bulatkan tekad untuk berbagi pengalaman saya selama melihara kucing sejak 2010 melalui duniapus ini. Selamat bergabung. Untuk postingan pertama ini, saya copas dari blog saya yang sebelumnya ya.

Punya hewan peliharaan berarti harus memperhatikan kesehatannya juga. Tidak jarang saking sayangnya, si master akan membawa pet nya ke dokter hewan. Alhamdulillah kalau dapat dokter hewan yang ramah, sabar, dan murah. tapi apa jadinya kalau dokter hewan yang dikunjungi judes, suka menghina, dan mahal pula.
salah satu kenalan saya di facebook pernah curhat tentang pengalamannya mendatangi dokter yang semacam ini. ceritanya, kenalan saya ini bawa kucing persia mediumnya ke salah satu dokter hewan di daerah malang sini. bukan hanya pengobatan yang dia terima, tapi juga penghinaan dan kejudesan dari dokter hewannya. untuk lebih lengkapnya simak percakapan dibawah ini.
SETELAH TAK TERJEMAHKAN KE BAHASA INDONESIA JADI GINI:
teman-teman aku curhat ya….
barusan kucingku jenis medium kan flu, jamuran, trus matanya berair terus. akhirnya aku bawa ke dokter hewan malang.
lha sampe sana kok gak dipersilahkan duduk. aku nunggu lama sambil berdiri, trus iseng2 ttanya soalnya koleksi kucingnya (dokternya) banyak…
Aku: Dok, itu semua kucingnya ta?
Dokter: IYA, kenapa?
Aku: gpp kok banyak.
Dokter: sakit apa ini kucing sampeyan? trus doktere ngomong “EALAH KUCING MEDIUM GINI TA? INI KUCING RAS DIKAWIN KAMPUNG. KALAU AKU GAKPUNYA DONG KUCING KAYAK GINI. LIHATEN KUCINGKU LHA MAHAL2. PEDIGRI SEMUA MAS….
aku: iya flu, jamuren, trus matanya berair terus.
dokter: sudah vaksin?
Aku: belum soalnya dulu mau divaksin masih kena scabiess jd sama dokter langganan saya (yang di jombang) gak boleh divaksin
Dokter: Dokter Jombang? siapa nama e?
Aku: drh. Wiwik Idayanti
Dokter: oh, gak terkenal. paling dokter baru ya, blum pengalaman.
Aku: (sambil senyum) hmmm…. (batinku: emang lu aja yang gak kenal tapi sok kenal. sok tau!!)
Dokter: makanan kucingnya apa?
Aku: RC di mix MDC.
Dokter: lngapain di mix? kasih RC aja. kamu pingin kucingmu cepet mati  dicampur yg lain? gak ada critanya pakan murah tapi bagus. kalo bagus itu ya mahal .dari pertama belajar ilmu dokter saya gak pernah nemu yg namanya pakan murah bagus.
Aku: (dalam hati: Jasik congornya kalo ngomong semaunya sendiri) gak lah dokter. aku pingin kucingnya sehat.
Dokter: Wes ini tak suntik flu. kucingnya doyan makan apa gak?
Aku: ya doyan…
Dokter: Lhakok kurus, kenapa ini?
Aku: (mbatin: ya gaktau dus. lhawong lu dokternya kok tanya ke aku) Gak tau dokter, mungkin cacingan.
Dokter: yaudah tak kasih obat cacing. gak pernah kamu kasih obat cacing ta?
Aku: pernah! merk e lupa.
Dokter: takerane berapa?
Aku: tulisan di tabletnya 1 pil untuk 10 kg
Dokter: gak pernah ada ukuran segitu. kalo obat cacing kucing. biasane 1 pil untuk 4 kilo. diberi tahu siapa kamu kok ngawur?
Aku: dari petunjuknya itu.
Dokter: gak pernah tau aku ukuran 1 pil untuk 10 kg. dari awal kuliah kedokteran sampe sekarang belum nemu itu. sudah selesai tak suntik. ongkosnya 100 rb. nanti dalam 3 hari kalo kucingnya masih sakit, bawa balik kesini lagi ya…
Aku: iya… (dalam hati: kagak bakal aku balik kesini lagi. JAWABANMU gak enak banget kalo ditanyai. cukup sekali ini aja!! ITU MULUT APA PEDAL KOK KALO NGOMONG NGAWUR. KENE NEK PEDAL TAK PANCALE!!)
lawan dokter kayak gitu enaknya diapain??
ini versi aslinya, bahasa jawa:
rek aku curhat yo….
iki maeng kucingku jenis medium kan flu, jamuren, trus mripate berair terus. akhire tak gowo nang dokter hewan malang.
lha sampe kono iku gak dipersilahkan lungguh. aku njangur suwi ngunu ngadek, trus iseng2 takok soale koleksi kucinge uakeh…
Aku: Dok, itu semua kucingnya ta?
Dokter: IYA, kenapa?
Aku: gpp kok banyak.
Dokter: sakit apa ini kucing sampeyan? trus doktere ngomong “EALAH KUCING MEDIUM NGENEKI TA? INI KUCING RAS DIKAWIN KAMPUNG. NEK AKU YO GAK DUWE KUCING NGENEKI. LIHATEN KUCINGKU LAK MAHAL2. PEDIGRI KABEH MAS….
aku: iya flu, jamuren, trus mripate berair terus.
dokter: sudah vaksin?
Aku: belum soalnya dulu mau divaksin masih kena scabiess jd sama dokter langganan saya (yang di jombang) gak boleh divaksin
Dokter: Dokter Jombang? siapa nama e?
Aku: drh. Wiwik Idayanti
Dokter: oh, gak terkenal. paling dokter baru ya, blum pengalaman.
Aku: (sambil senyum) hmmm…. (batinku: ancene awakmu ae sing gak kenal tp sok kenal. kemeruh)
Dokter: makanan kucingnya apa?
Aku: RC di mix MDC.
Dokter: lhalapo di mix? kasih RC aja. kamu pingin kucingmu cepet mati ta dicampur yg lain? gak ada critanya pakan murah tapi bagus. nek bagus itu ya mahal dari pertama belajar ilmu dokter saya gak pernah nemu yg namanya pakan murah bagus.
Aku: (dalam hati: Jasik cangkeme lower e nek ngomong. sak njeplak e tok ae) gak lah dokter. aku pingin kucinge sehat.
Dokter: Wes ini tak suntik flu. kucinge doyan makan apa gak?
Aku: ya doyan…
Dokter: Lhakok kurus, kenapa ini?
Aku: (mbatin: yo embuh ndos. lhawong doktere awkmu kok takok e nang aku) Gak tau dokter, mungkin cacingan.
Dokter: yaudah tak kasih obat cacing. gak pernah kamu kasih obat cacing ta?
Aku: pernah! merk e lupa.a
Dokter: takerane berapa?
Aku: tulisane di tablet e 1 pil untuk 10 kg
Dokter: gak pernah ada ukuran segitu. kalo obat cacing kucing. biasane 1 pil untuk 4 kilo. diberi tahu siapa kamu kok ngawur?
Aku: dari petunjuknya itu.
Dokter: gak pernah tau aku ukuran 1 pil untuk 10 kg. dari awal kuliah kedokteran sampe sekarang belum nemu itu. sudah selesai tak suntik. ongkosnya 100 rb. nanti dalam 3 hari kalo kucingnya masih sakit, bawa balik kesini lagi ya…
Aku: iya… (dalam hati: ora kudu mbalek nang awakmu. JAWABANMU gak tau penak nek ditakoni. wes pisan ae!! IKU CANGKEM TA PEDAL KOK NEK NGOMONG NGAWUR. KENE NEK PEDAL TAK PANCALE!!)
mungsuh dokter koyok ngunu iku trus aku kudu pye??
hmm.. hati-hati kalau pilih dokter hewan teman-teman

No comments:

Post a Comment