Thursday 12 May 2016

Solusi Alami Mengatasi Kucing Jamuran

Hai puslovers! Posting kali ini saya juga copas dari blog sebelumnya ya. Selamat menyimak.


Siapa sih yang gak sebel lihat kucing yang disayang jamuran??  bulunya rontok sehingga terlihat bulatan-bulatan tanpa rambut di badannya, ada semacam ketombe di kupingnya. iiihhh geliiiii dan gemes pingin ngilanginnya. Jamur pada kucing disebabkan oleh spora jamur yang beterbangan di udara nempel di kulit kucing. dan kalau si kucing kurang suka menjaga kebersihan (kur
ang suka jilat2 atau grooming), jamur bisa dengan mudah berkembang biak dari awalnya Cuma setitik jadi lebar.
Banyak obat berupa salep maupun shampoo ditawarkan buat mengatasi jamuran pada kucing, tapi siapa tau ada obat alami herbal yang justru manjur dan lebih aman dari obat-obat berbahan kimia tersebut?
Yepp. VCO, itulah namanya, Singkatan dari Virgin Coconut Oil atau mudahnya minyak kelapa. kalau fungsi asli dari VCO sih, bila dikonsumsi manusia 2-3 sendok makan sehari, bisa melancarkan metabolism tubuh, menjaga daya tahan tubuh, dan banyak fungsi lainnya.
berawal dari kucingku, si Shiro, yang udah lama gak pulang ternyata pulang dengan kepala dan kuping penuh jamur, akhirnya aku browsing2 tentang cara mengatasi Jamur pada kucing. dari situlah aku tau bahwa VCO bisa digunakan untuk menghilangkan jamur pada kucing.
Caranya bagaimana?
oleskan aja setiap hari sekali atau 2 kali ke bagian yang berjamur. bisa pakai cottonbud, kapas, atau kuas.
nah langsung setelah aku praktekkan ke Siro, inilah yang terjadi:
  • 2 hari pertama, rambut di bagian yang diolesi rontok, beserta jamur-jamurnya mengelupas.
  • hari ke 4, rambut baru mulai tumbuh, lembut dan jamur sudah pergi.
kelebihan menggunakan VCO untuk menghilangkan jamur pada kucing:
  1.  terbuat dari bahan alami, jadi kalau dijilat oleh kucing tidak berbahaya dan malah menyehatkan.
  2.  kalau pakai obat berbahan kimia harus diberi collar, tapi kalau dengan VCO tidak usah.
ini foto Siro sebelum dan sesudah diolesi selama seminggu:


kiri: sebelum diolesi VCO, kepala jamuran, telinga seperti berketombe kanan: seminggu sesudah mulai diolesi, jamur hilang, rambut baru mulai tumbuh
kiri: sebelum diolesi VCO, kepala jamuran, telinga seperti berketombe
kanan: seminggu sesudah mulai diolesi, jamur hilang, rambut baru mulai tumbuh

update:
Saat itu, gejala yang ditunjukkan siro saat jamuran adalah sebagai berikut: menggaruk-garuk di bagian kepala, seperti ada kerak di bagian telinga, wajah, dan leher. Kerak yang ada kering di permukaan, tapi basah jika dikelupas, rambut tidak rontok, tetapi kusut, kusam, dan patah-patah hingga menjadi sangat pendek hampir gundul di beberapa bagian.
terimakasih drh.Didik Saptono, untuk masukan yang diberikan.

8 comments:

  1. Tolong sekalian disebutkan gejala sakitnya Siro, apakah gatal sekali disertai bulu rontok dan kerak luka atau hanya ringan krn bisa juga gudi kan (scabies), jamur atau kombinasi gudikan jamur.

    ReplyDelete
  2. Tolong sekalian disebutkan gejala sakitnya Siro, apakah gatal sekali disertai bulu rontok dan kerak luka atau hanya ringan krn bisa juga gudi kan (scabies), jamur atau kombinasi gudikan jamur.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Vco beli nya dimana ya mbak? Dan rekomen petshop yang harganya lumayan donk kalo mata kucing belekan dikasih apa ya .. kucingq anggora

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di apitwk banyak kok mbak.. Tapi yg cair ya, soalnya ada juga yang tablet

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Mba,mpusku jg kena ringworm, aq obatin ke drh,dkasih step2 nya ngrawat sesuai yg bny di share di blog sbelah, tp msh luka trs krn nggaruknya over, trs nemu blog ini, aq xb ksh vco br 2hr Alhamdulillah mayan kering lukanya, tp dia jilat2in, ko kuliat nafsu mkn nya jd berkurang trs matanya merah sayu gtu,apa emg efeknya bgtu, apa krn g cocok sm vco ya mba,barangkali mba nemuin tnda2 kyk gtu jg di mpusnya, mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Vco aman kok dijilat kucing. Perlu diketahui nafsu makan menurun bisa karena banyak hal. Bisa juga karena matanya sakit mungkin?
      Tapi btw, vco nya kalau bisa jangan sampe kena mata ya, karena (katanya) kalau kena mata bakal perih banget. Kalau aku sih belum pernah ya kejadian seperti itu.. Sejauh ini makan pusku baik2 saja walau dikasi vco pas jamuran dan matanya nggak kenapa2.

      Delete